Rabu, 17 Februari 2010

TOKOH PANUTAN

Seorang remaja badung curhat pada sy. Curhat yang tidak diniatkan sebetulnya. Karena sebelumnya saya nasehati (bahasa halus dari diomeli :). Bagaimana tidak, si remaja tanggung ini punya kebiasaan buruk yang sulit berubah. Tidak disiplin, suka seenaknya, sering absen disekolah, lalai dgn tugas2nya, hang out tak kenal waktu, kurang sopan....dan seabreg prilaku minus lainnya.

Remaja lainnya juga gak kalah uniknya. Latar belakang keluarga berada, terpandang & berpendidikan tinggi dengan jabatan tinggi pula, tak membuat si remaja ini termotivasi untuk mengikuti jejak keberhasilan keluarga. Gaya hidup nomaden juga sekolah gak kelar-kelar. Ditanya tentang rencana kedepan, cuma gelengan kepala yang saya dapat. Tidak jelas.

Prihatin. Itu sudah pasti. Perasaan saya apalagi. Bagaimanapun sy tak ingin 2 remaja penuh potensi ini terlena akan gaya hidup mereka. Sekilas dua kilas (bahasa apa ini... :) sy tahu bahwa mereka sebetulnya anak2 yang pandai. Punya otak diatas rata-rata. Hanya proses pencarian jati diri yang keliru yang membuat mereka seolah-olah tak menggunakan otak encer mereka dalam bertindak & bersikap.

Dari dialog yang terjadi, saya dapat mengambil kesimpulan, bahwasanya sikap acuh mereka didasari karena sikap protes yang tak terucapkan, amarah yang tak tersalurkan, dan komunikasi & kehangatan yang minim  dengan keluarga (terutama orangtua) mereka. Tauladan yang seharusnya mereka dapatkan dari orangtua ternyata tak mereka dapatkan. Kekecewaan yang membuahkan kenakalan.

Saya berusaha memotivasi mereka. Apapun, keputusan akan hidup kedepan, hanya bisa ditentukan oleh 'tangan' mereka sendiri. Kegagalan ataupun Kesuksesan di masa depan akan dimulai dari langkah mereka saat ini. Belum terlambat untuk membuat keputusan. Belum terlambat untuk berubah, karena mereka masih amat muda. Satu hal yang saya tanamkan pada mereka, bahwa "JANGAN JADIKAN KESALAHAN ORANG LAIN SEBAGI ALASAN UNTUK MELAKUKAN KESALAHAN/KEGAGALAN YANG SAMA. WE CAN DO BETTER.....". Jadi jika mereka merasa kecewa dengan sosok yang seharusnya jadi panutan mereka, setidaknya jangan melakukan hal yang akan membuat kita sama buruknya dengan orang itu. Karena bagaimanapun, tak ada manusia yang sempurna. Tak ada yang sempurna.




Buat mereka yg sy maksudkan :
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Dengan melakukan yang terbaik......

Kalian punya banyak kesempatan,
Bisa melakukan lebih banyak hal, 
Menghasilkan lebih banyak karya,
Melahirkan lebih banyak pujian.....
Ayo....buktikan pada semua.......kalian BISA......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar